Polisi Ringkus Dua Pria yang Akan Menjual Kulit Harimau di Deli Serdang

Polisi menangkap dua pria yang hendak menjual kulit Harimau Sumatera seharga Rp15 juta. Keduanya ditangkap di sebuah penginapan di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

topmetro.news – Polisi menangkap dua pria yang hendak menjual kulit Harimau Sumatera seharga Rp15 juta. Keduanya ditangkap di sebuah penginapan di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Kapolrestabes Medan Kombes Teddy Marbun mengatakan, kedua pelaku itu berinisial RP (30) dan RR (41), tertangkap setelah petugas mendapat informasi adanya transaksi jual-beli kulit harimau.

“Ini tindak pidana konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem,” ujar Kombes Pol Teddy Jhon Sahala Marbun, Selasa (20/2/2024) sore.

“Awalnya petugas mendapati informasi dari warga bahwa akan ada terjadi transaksi kulit Harimau (Sumatera) itu. Lalu, petugas ke lokasi dan mendapati pelaku di penginapan, Jalan Jamin Ginting, Desa Martelu, Deli Serdang,” ujar Teddy saat konferensi pers di Mapolrestabes Medan, Selasa (20/2/2024).

Kemudian, Teddy mengatakan penangkapan itu terjadi, Jumat (9/2/2024) malam. “Mereka ditangkap dengan operasi ‘undercover buy’ (penyamaran). Jadi belum sempat mereka transaksi,” ujarnya.

Para pelaku tersebut mengaku baru pertama kali melakukan niatan menjual kulit harimau. “RR ini warga setempat di Desa Ujung Deleng, Kecamatan Kutabuluh Karo. Awalnya, ia mendapati ada harimau yang terjerat. Lalu, dipotong lah, kulitnya direndam, dijemur dan akan dijual,” ujar Teddy.

Kapolres menjelaskan, Harimau yang mati berjenis kelamin perempuan dan masih berusia remaja. “Kulit Harimau itu dijual dengan harga Rp15 juta,” katanya.

Teddy mengatakan saat ini masih mendalami sudah berapa kali pelaku menjalankan aksinya dan ke mana organ tubuh lainnya dari Harimau Sumatera itu.

Keduanya dijerat dengan Pasal 40 Ayat 2 junto Pasal 21 Ayat 2 UU No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Keduanya terancam hukuman paling lama 10 tahun penjara dan denda Rp200 juta.

reporter | Firman

Related posts

Leave a Comment